Terong banyak disepelekan sebagai sayur yang tak mampu memberikan cita rasa yang lezat. Tapi di Lombok, terong bisa jadi primadona. Beberuk adalah lalapan khas Lombok, Nusa Tenggara Barat yang bahan dasarnya adalah irisan terong dan kacang panjang yang disiram sambal tomat. Beberuk merupakan sajian istimewa apalagi jika disajikan dengan Ayam Taliwang yang super pedas itu.

Sedikitnya ada 7 jenis terong yang banyak kita jumpai. Yakni Terong Belanda yang buahnya berbentuk bulat lonjong berwarna coklat keunguan. Terong Gelantik berbentuk bulat kecil berwarna putih keunguan. Terong jenis ini sering dipakai untuk lalapan sehingga disebut terong lalap. Lalu ada Terong Kopek yang berbentuk bulat panjang, lurus, berwarna hijau keunguna. Terong dengan bentuk bulat panjang berwarna ungu tua disebut Terong Cragi, sedangkan Terong Medan berbentuk bulat panjang, berwarna hijau bergaris-garis putih. Selanjutnya ada Terong Bogor dan Terong Jepang. Masing-masing berbentuk bulat besar, sedangkan Terong Jepang bentuknya beraneka ragam ada yang silindris, lonjong, oval, dan bulat. Nah, jenis terong yang dipakai untuk Beberuk adalah Terong Gelantik yang mempunyai tekstur renyah dan rasa langu tetapi tidak getir atau sepet.

Cara mengolah terong menjadi Beberuk sangatlah mudah. Potong terong ungu dadu 1 cm dan potong tomat menjadi 8 bagian. Campur potongan ini dengan bumbu halus yang terdiri dari cabe merah keriting, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, kencur, terasi bakar, gula pasir dan garam dengan minyak jelantah atau minyak goreng. Siram bumbu ini diatas sayuran dan jangan lupa tambahkan perasan jeruk limau diatasnya. Alhasil sajian ini bercita rasa manis, pedas, asam dan segar. Menggiurkan ya?

Selain membangkitkan selera makan, terong juga diyakini memiliki khasiat yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Makanan yang akrab di telinga masyarakat Indonesia pada umumnya ini mengandung zat-zat yang bisa digunakan untuk mencegah Atheroskleorosis yakni penumpukan lemak di pembukuh darah. Selain itu dengan mengkonsumsi terong, kita dapat menurunkan kolekterol serta ketegangan syaraf. Terong juga bisa menekan resiko kanker, mencegah hipertensi serta menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke. Bagi para pasangan suami istri, terong bisa digunakan sebagai alat kontrasepsi. Selain racikan yang istimewa sehingga Beberuk digandrungi masyarakat Lombok dan juga wisatawan, terong ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Pedasnya Beberuk menambah nafsu makan setiap orang yang mencicipinya sehinga ingin menguyahnya lagi dan lagi.

Anda tidak perlu susah payah untuk menemukan rumah makan yang menyajikan Beberuk, setiap depot yang menyediakan Ayam Taliwang, pasti menjual Beberuk juga. Maklum dua makanan ini merupakan paduan yang cocok untuk mencicipi kuliner ala Lombok. Jadi, tak ada alasan untuk tidak mencicipi Beberuk jika berwisata ke Lombok. Dengan merasakan Beberuk, lidah Anda akan menjadi saksi bisu pedasnya kuliner khas pulau yang terkenal dengan pedasnya yang nendang. Jangan lupa untuk mencicipi aneka kuliner lainnya seperti Sate Tanjung, Poteng Jaje Tujak dan Plecing Kangkung. Beberapa pilihan hotel yang nyaman di seputaran Mataram adalah Bidari Hotel, Lombok Plaza Hotel dan Griya Asri Hotel. Selamat berwisata kuliner!

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • resep sambal beberuk khas lombok
  • beberuk
  • resep beberuk terong
  • beberuk terong
  • sambal beberuk
  • cara membuat beberuk terong
  • resep beberuk khas lombok
  • cara membuat sambal beberuk
  • mengolah terong
  • resep beberuk

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,