Jika Anda ingin melakukan aktivitas yang akan berbeda di Lombok, Nusa Tenggara Barat, sebaiknya mencoba soft hiking di Pusuk Pass. Pusuk Pass adalah kawasan hutan wisata yang terletak di kawasan hutan Rinjani Barat dengan luas 43.550,23 hektar. Ada sekitar 162 jenis pohon yang tumbuh di areal ini, antara lain Sono Keling (Dalbergia Latifolia), Daoki (Duacontomelori Mangiferum) dan Mahoni (Swettania Macrophylla). Terletak di antara kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat, tempat ini kerap menjadi persinggahan wisatawan yang akan menuju beberapa objek lainnya seperti Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan.

Nah, jika ke Pusuk Pass, Anda tidak hanya bisa memandangi keindahan Lombok dari ketinggian 831 dpl namun juga bisa melakukan soft hiking menuju kawasan pantai Senggigi. Perjalanan dimulai dari hutan Pusuk dengan menuruni bukit dan melewati beberapa desa tradisonal suku Sasak. Di sini Anda akan melihat bagaimana mereka hidup secara alami dan masih memegang teguh nilai-nilai adat setempat. Sepanjang perjalanan Anda akan senantiasa diiringi pemandangan yang indah dengan hamparan bukit hijau dan laut serta tanjung-tanjung yang menjulang ke arah kawasan Senggigi. Di beberapa desa yang Anda lewati, Anda akan melihat beberapa masyarakat yang secara tradisional membuat gula merah dan tuak manis. Perjalanan soft trekking ini hanya akan memakan waktu selama 4-5 jam jalan kaki dan berakhir di desa Duduk atau Desa Batu Bolong.

Bagi yang tak suka hiking, Anda tetap bisa menikmati Pusuk Pass dengan beristirahat sejenak menikmati keindahan dan bermain dengan ratusan ekor monyet yang menanti dipinggir jalan untuk diberi makan oleh pengunjung yang lalu lalang. Mereka sudah cukup jinak sehingga Anda tak perlu takut untuk sekedar memberi makanan. Persiapkan makanan yang akan dibawa sehingga begitu sampai di Pusuk Pass Anda bisa bercengkerama dengan monyet-monyet tersebut. Tidak itu saja, Anda juga bisa sambil lesehan menghirup udara sejuk sembari ngopi di balai-balai yang ada disekitar kawasan Pusuk Pass. Tidak hanya kopi, banyak warga setempat yang menjual tuak manis. Tuak manis adalah minuman tradisional dan alami yang banyak dijajakan dalam kemasan botol.

Hutan Wisata Pusuk Pass memang menyajikan kecantikan alam Lombok. Hijaunya pegunungan dihiasi dengan rerimbunan pohon, tebing-tebing curam dan keindahan laut Lombok Utara bisa kita lihat secara langsung dari tempat ini. Pusuk Pass bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari Mataram dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Anda harus berhati-hati dalam mengendarai kendaraan di kawasan ini karena selain volume kendaraan yang lewat cukup banyak, jalannya berkelok-kelok dan agak curam serta licin saat musim penghujan.

Karena Pusuk Pass biasanya menjadi tujuan transit sebelum ke destinasi-destinasi lain, sebaiknya Anda pun memilih hotel di objek wisata yang akan Anda tuju. Misalnya, jika Anda akan ke Pantai Senggigi, Anda bisa menginap di hotel Holiday Resort Lombok, Pool Villa Club Senggigi Beach Hotel atau The Alang-alang Beach Resort. Atau jika akan menuju ke Gili Trawangan, Anda bisa menginap di Vila Ombak Hotel, Vila Almarik Resort atau The H Rooms Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • monyet
  • air terjun pusuk lombok
  • tempat hiking bagus di Kabupaten Lombok Utara
  • pusuk pass
  • pegunungan pusuk LOMBOK
  • kawasan pusuk
  • hutan pusuk lombok
  • bukit pusuk
  • apakah dipusuk ada air terjun
  • air terjun yang ada di kawasan pusuk

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,