Jika berwisata selama 1 hari di Lombok, Nusa Tenggara Barat terlalu singkat, Anda bisa berwisata lebih lama dengan menghabiskan akhir pekan di pulau ini. Selama 2 hari 1 malam, kita bisa mengunjungi destinasi-destinasi yang menarik seperti pantai dan desa wisata untuk berburu oleh-oleh.

Hari pertama

Begitu tiba di Bandara Internarsional Lombok, kita langsung berjalan-jalan ke sentra kerajinan gerabah Banyumulek. Banyumulek terletak di kecamatan Kediri, kabupaten Lombok Barat. Tempat ini merupakan pusat rujukan kerajinan gerabah tembikar di Lombok. Anda bisa melihat langsung gerabah yang sudah jadi dan siap dijual oleh warga setempat plus bagaimana cara pembuatannya. Warga Banyumulek sudah terbiasa dengan kedatangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Mereka akan ramah menyapa dan dengan sukarela mengajari Anda bagaimana caranya membuat gerabah. Di sepanjang jalan kawasan ini berdiri art galeri yang memajang hasil gerabah para pengrajin. Soal harga sangat bervariasi tergantung tingkat kerumitan dan keunikan model. Puas melihat para pengrajin di Banyumulek, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Sukarara yang merupakan sentra pembuatan kain tenun atau yang lebih sering disebut songket. Kain songket yang dihasilkan pengrajin di Sukarara tidak hanya digunakan untuk pakaian namun mempunyai fungsi dekoratif sebagai pelengkap interior rumah. Yang menarik saat mengunjungi Sukarara adalah atraksi para pengrajin wanita dalam menggerakkan alat tenun tradisionalnya. Demonstrasi ini banyak digemari wisatawan khususnya turis asing yang sebelumnya belum pernah melihat alat tenun tradisional.

Setelah dari Sukarara, mari kita lanjutkan perjalanan wisata ini ke Sade desa Rambitan. Dusun ini sangat unik karena masyarakatnya masih sangat tradisional. Hal ini terlihat dari konstruksi rumahnya yang terbuat dari bambu dikombinasikan dengan kayu dan beratapkan ijuk jerami. Selain kehidupan dan rumah tradisional, kita juga akan disuguhi kesenian dan tarian khas Suku Sasak yakni tari Oncer dan Gendang Beleq serta Presean yang seru. Tontonan ini dilakukan untuk menghibur wisatawan. Puas melihat kehidupan masyarakat Lombok yang masih alami, kini saatnya menjelajahi kecantikan alam pulau Lombok.

Selanjutnya, kita akan menikmati pantai Kuta dan pantai Tanjung A’an. Dua pantai ini memang berada di garis yang sama. Pantai Kuta di Lombok tergolong masih sepi daripada Kuta yang ada di Bali. Pasir putihnya bersih dan dikelilingi dengan perbukitan hijau yang indah. Snorkling dan surfing adalah dua aktivias yang bisa Anda lakukan disini. Di sebelah pantai Kuta terdapat pantai Tanjung A’an. Pantai ini sangat unik karena pasirnya mempunyai tekstur seperti butiran merica. Pasir merica ini konon adalah bentukan dari fosil-fosil karang. Dari perbukitan yang ada di dekat pantai, kita bisa melihat view Tanjung A’an yang memikat. Bersenang-senanglah di dua pantai ini sebagai penutup liburan di Lombok di hari pertama. Hotel yang paling dekat dengan kawasan pantai Kuta adalah Novotel Lombok Hotel, Kuta Indah Hotel dan Tastura Beach Resort.

Hari kedua

Mengawali hari kedua, Anda bisa menyambangi Taman Narmada. Taman ini dibangun untuk tempat perayaan upacara Pakelem yang dilaksanakan setiap purnama kelima tahun Caka. Selain itu, taman Narmada juga sebagai tempat peristirahatan para raja dan keluarga saat musim kemarau. Tak heran jika, taman ini dibuat seindah mungkin dan meniru suasana yang ada di pucak gunung Rinjani. Dari Taman Narmada, kita berpindah ke Taman Mayura. Taman ini dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1744. Kebersihan dan keelokan Taman Mayura masih sangat terjaga. Deretan pohon manggis dan kolam yang luas menambah keindahan Taman Mayura. Banyak wisatawan yang menyukai berlama-lama di taman ini karena suasananya tenang dan teduh.

Destinasi terakhir yang akan kita kunjungi adalah Pura Lingsar. Pura ini cukup unik karena merupakan gabungan antara nilai-nilai agama Hindu dan Islam Wetu Telu. Itu sebabnya, pura ini terbagi menjadi dua kawasan. Di bagian utara terdapat pura Hindu bernama Gaduh dan di bagian selatan berdiri pura Wetu Telu bernama Kemaliq. Di pura ini pulalah digelar perang topat yang dilakukan sebagai tanda bersyukur atas rejeki yang selalu dilimpahkan Tuhan. Perang topat biasanya dilakukan pada sebelum musim tanam padi dan sesudah musim penghujan.

Nah, inilah perjalanan 2 hari 1 malam Anda di Pulau Lombok. Lombok menyimpan banyak daya tarik wisata yang tidak akan pernah Anda lupakan. Selamat menikmati liburan!

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kerajinan lombok
  • kuta lombok
  • tanjung aan lombok
  • gerabah
  • tanjung aan beach lombok
  • menjelajah lombok
  • destinasi liburan 2 hari di lombok
  • wisata ke lombok kemana aja untuk 2 hari
  • tempat wisata lombok dalam 2 hari
  • pengrajin gerabah lombok

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,