Pulau Lombok adalah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang terbagi kedalam 4 kabupaten dan 1 kotamadya, yakni Kotamadya Mataram, Kabupaten Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara. Masing-masing daerah memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. Bagi yang ingin liburan ke pulau ini, sebaiknya Anda memahami peta lokasinya agar memudahkan dalam mengeksplorasi berbagai destinasi di Lombok.

Kotamadya Mataram merupakan pusat kota di Lombok sekaligus ibukota Nusa Tenggara Barat. Boleh dibilang Mataram adalah daerah dengan fasilitas paling memadai diantara kawasan lainnya di Lombok. Dulunya, bandar udara utama di Lombok, yakni Bandara Selaparang berada di kota ini sebelum akhirnya dipindahkan ke Praya, kabupaten Lombok Tengah dengan nama “Bandar Udara Internasional Lombok” atau yang kerap juga disebut dengan “ Lombok Praya International Airport”. Di Mataram ini terdapat dua pusat transportasi penting yakni Terminal Mandalika yang berada di kelurahan Bertais dan Pelabuhan Lembar yang menggantikan fungsi Pelabuhan Ampenan. Pelabuhan Lembar inilah yang menghubungkan antara Pulau Bali dan Pulau Lombok. Jika berada di Mataram, selain bisa meneruskan perjalanan ke beberapa objek wisata yang lain, seperti pantai Senggigi dan Gili Trawangan (juga Gili Air dan Gili Meno), Anda juga bisa menikmati beberapa destinasi menyenangkan di kota ini. Sebutlah pelabuhan dan kawasan kota tua Ampenan, Pasar Cakranegara sebagai tujuan utama wisatawan membeli oleh-oleh dengan harga miring serta sentra industri dan kerajinan tangan. Misalnya, Sekarbela yang terkenal dengan kerajinan perhiasan mutiara-nya. Tidak hanya menjanjikan kenyamanan berbelanja, Mataram juga menyediakan wisata sejarah dan religi seperti Taman Mayura dan Pura Meru yang berada di Kecamatan Cakranegara, Museum Negeri NTB serta Makam Loang Baloq dan PPH Van Ham. Sebagai ibukota provinsi, di Mataram tersedia berbagai kelas hotel dan penginapan. Anda bisa menginap di Lombok Raya Hotel, Lombok Garden Hotel, Grand Legi Hotel, Griya Asri Hotel, Bidari Hotel, Lombok Plaza Hotel atau Giri Hotel Lombok.

Selain kota Mataram, mungkin wilayah Lombok Barat-lah yang banyak dikenal oleh para wisatawan. Maklum, disini ada ikon Pulau Lombok yang masyur yakni Pantai Senggigi. Pantai Senggigi tidak hanya menawarkan keindahan pantai namun juga Pura Batu Bolong yang berada sekitar 1 km di selatan pantai ini. Sebagai kawasan wisata yang sudah jadi, fasilitas penginapan di Senggigi amatlah banyak, seperti Holiday Resort Lombok, Pool Villa Club Senggigi, Senggigi Beach Hotel, The Alang Alang Beach Resort, Qunci Hotel and Pool Villas, Graha Senggigi Hotel, Bintang Senggigi Hotel, dan Puri Mas Boutique Resort. Selain itu masih ada Mascot Beach Hotel, Puri Bunga Beach Cottage, The Santosa Villas & Resort, Bukit Senggigi Hotel, Kebun Villa & Resort dan masih banyak lagi.

Bagi yang menyukai mancing, datanglah ke Bangko Bangko yang memberikan spot-spot strategis untuk strike. Bangko Bangko berada di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong. Di Sekotong, Anda bisa memuaskan hasrat untuk diving dan surfing plus menginap di Cocotinus Hotel Sekotong Lombok yang nyaman. Di sebelah barat Sekotong, terdapat berbagai gili seperti Gili Renggit, Gili Layar dan Gili Nanggu yang indah. Selain pantai, Anda bisa mengunjugi Taman Narmada, Taman Suranadi, Pura Lingsar, Pura Gunung Pengsong, hutan Sesaot serta Bukit Malimbu. Mencari oleh-oleh di Lombok Barat juga tak sulit, ada sentra ukiran kayu di Labuapi yang tak boleh dilewatkan.

Oya, jangan lupa, di lepas pantai barat laut Pulau Lombok terdapat gugusan 3 pulau menawan yang menjadi salah satu top destinasi wisata dunia, yakni Gili Meno yang diapit Gili Air dan Gili Trawangan. Untuk sampai ke Gili Trawangan Anda harus menyeberang melalui Pelabuhan Bangsal di kabupaten Lombok Utara. Di Gili Trawangan, Anda bisa menginap di Vila Ombak Hotel, Villa Almarik Resort, The H Rooms Hotel atau Gilli Exotic Villas. Sedangkan di Gili Air, ada Manta Dive Gili Air Hotel, Villa Casa Mio dan Sunrise Gili Air. Sementara itu di Gili Meno, kita bisa bermalam di Gazebo Meno.

Lombok Utara adalah pusat wisata pegunungan. Di perbatasan Lombok Barat dan Lombok Utara, kita bisa menikmati kesejukan alam pengunungan Pusuk Pass yang dihuni raturan ekor monyet. Disini Anda bisa mengeksplorasi keindahan alam Taman Nasional Gunung Rinjani dengan Kaldera Segara Anak yang memesona. Rinjani bisa didaki melalui pintu Sembalun atau Senaru. Di kaki gunung Rinjani inilah menyimpan banyak objek wisata bagi yang tak kuat mendaki di ketinggian 3.726 meter. Ada Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep. Tidak hanya pegunungan, Lombok Utara juga mempunyai pantai indah bernama Sire Medana yang terletak di Dusun Medana. Jika Anda berasal dari Bali, Sire Medana bisa dicapai melalui Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar Lombok dengan menggunakan kapal fery. Beberapa penginapan di Medana yang bisa Anda pilih adalah The Oberoi, Puri Sharon Hotel, Tugu Lombok Hotel dan The Lombok Lodge. Bagi yang tertarik dengan sejarah umat Islam di Lombok, sempatkan diri Anda untuk mengunjugi Masjid Kuno Bayan Beleq di Desa Bayan. Disinilah asal mula kepercayaan Wektu Telu lahir dan berkembang.

Memasuki Lombok Timur, ada beberapa objek wisata yang bisa kita kunjungi. Di kawasan ini, Anda bisa melihat ikan-ikan super besar tangkapan nelayan di pelabuhan Tanjung Luar. Tak heran jika Lombok Timur disebut sebagai pusat perikanan Pulau Lombok. Selain itu, kita juga bisa mengunjungi pantai Labuhan Haji yang sarat sejarah dan Tanjung Ringgit yang keindahannya belum banyak diketahui wisatawan. Kawasan ini juga dikenal sebagai penghasil gerabah yang dikerjakan oleh pengrajin-pengrajin di Masbagik.

Barangkali, Lombok Tengahlah kawasan dengan objek wisata terbanyak di Pulau Lombok. Mulai dari pantai hingga sentra industri kerajinan tangan. Gugusan pantai di Lombok Tengah membentang di sekitar Pantai Kuta. Ada pantai Tanjung A’an, Segar, Mawun, Selong Belanak, Gerupuk dan teluk Belongas. Di pantai itu kita bisa bermain diving, snorkling maupun surfing. Pantai Kuta Lombok memang sangat populer, itu mengapa banyak pilihan tempat menginap disini. Anda bisa memilih antara Novotel Lombok Hotel, Kuta Indah Hotel, Tastura Beach Resort, dan Bumbangku Beach Cottage. Bagi yang ingin mengetahui kehidupan tradisional suku Sasak, Anda bisa mengunjungi Sade Desa Rembitan. Lombok Tengah juga mempunyai wisata pegunungan yang terletak di kaki gunung Rinjani yakni Tetebatu. Di Tetebatu Anda bisa mandi sepuasnya di air terjun Jukut dan Joben. Sementara itu, sentra industri kerajinan tangan yang bisa Anda tengok adalah kerajinan tenun songket di Sukarara, kerajinan rotan di Beleka dan industri gerabah di Banyumulek serta Penunjak.

Kini, Anda akan lebih mudah memetakan, destinasi mana saja yang akan dituju. Semakin jelas lokasi wisata yang akan dikunjungi, hotel yang akan dihuni dan alat transportasi apa yang digunakan, membuat liburan Anda akan semakin asik. Selamat menjelajahi Lombok!.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • wisata lombok
  • peta lombok
  • peta pulau lombok
  • peta wisata pulau lombok
  • peta lombok timur
  • peta lombok lengkap
  • letak pulau lombok
  • peta pulau lombok lengkap
  • pulau lombok di peta
  • peta lombok barat

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,