Anda ingin berburu foto-foto Indah? Datanglah ke Tanjung Ringgit, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Anda akan dimanjakan dengan lanskap alamnya yang luar biasa. Destinasi utama para penyuka fotografi ini memberikan keindahan alam yang memukau khususnya pada saat sunrise.

Konon kabarnya, saking banyaknya yang ingin melihat sunrise di Tanjugn Ringgit, beberapa diantara mereka rela menginap dan menggelar tenda agar tak ketinggalan momen berharga ini. Panorama matahari terbit Tanjung Ringgit akan semakin memesona karena Anda dapat melihat Gunung Rinjani dan pulau Sumbawa sekaligus. Anda akan melihat matahari naik perlahan dari Pulau Sumbawa dan memancarkan sinarnya menerangi bumi. Sunrise yang sayang jika Anda lewatkan.

Keindangan Tanjung Ringgit juga terletak pada pantainya yang dikelilingi bukit. Anda bisa mendapatkan view yang menarik disini. Dari atas bukit, terlihatlah lautan yang warnanya merupakan gradasi dari beberapa warna sekaligus seperti biru pekat, toska dan biru muda serta tebing curam yang mengelilinginya. Tebing-tebing inilah yang memagari Tanjung Ringgit yang indah itu. Nah bagi Anda yang menginginkan turun untuk bermain di pantai, Anda harus berpikir ulang karena rute untuk turun sangat terjal. Berhati-hatilah jangan sampai terpeleset karena sangat fatal akibatnya. Namun, begitu sampai dibawah Anda tidak akan kecewa karena pasir putihnya menawan dengan pantai yang masih sangat jernih. Pasir putih itu adalah hasil dari pecahan dari terumbu dan karang yang terbawa arus ke tepian laut.

Pantai di bawah tebing ini sangat cocok untuk snorkling. Untuk menemukan spot-spot menyelam, Anda harus menumpang kapal nelayan dan membayar cukup Rp. 50 ribu saja. Pemandangan bawah laut Tanjung Ringgit sangat bagus. Mungkin karena jarang dikunjungi wisatawan sehingga kehidupan biota lautnya masih terjaga. Bahkan ada yang mengatakan bahwa fenomena bawah alam Tanjung Ringgit ini bagaikan mini museum alam. Disini kita bisa melihat perjalanan hidup terumbu karang sejak mulai terbentuk hingga berproses menjadi kars, yaitu hamparan batuan kapur. Oiya, Anda akan merasakan sedang bermain di privat island di Tanjung Ringgit karena sedikit sekali wisatawan yang tahu ada spot indah di Lombok Timur ini. Ya, pantai ini tenggelam dibalik kepopuleran Gili Trawangan, pantai Kuta dan pantai Senggigi.

Selain alamnya yang indah, Tanjung Ringgit juga menyimpan cerita sejarah. Disini Anda akan menemukan meriam peninggalan Jepang dulu. Lokasi berada di tengah semak-semak sehingga bagi yang tak mengetahui sebelumnya, tempat ini akan terlewatkan begitu saja. Selain itu, di dasar tebing Tanjung Ringgit terdapat sumur air tawar. Namun lokasi ini sulit dijangkau karena tidak akses menuju kesana. Sampai kini tidak ada yang bisa menjawab mengapa sumur yang ada di dekat pantai justru airnya tawar. Selain meriam dan sumur, Anda juga bisa menyusuri gua. Goa ini berada di ujung tanjung.

Untuk mencapai Tanjung Ringgit, Anda sebaiknya menggunakan kendaraan (motor-mobil) sewaan karena tidak angkutan umum yang sampai kesana. Rute menuju Tangjung Ringgit adalah Mataram-Praya-Jerowaru. Jalan menuju Tanjung Ringgit cukup buruk sehingga tidak disarankan menggunakan kendaraan seperti sedan. Beberapa tips lainnya untuk berwisata di lokasi ini adalah membawa sunblock untuk melindungi kulit Anda dari teriknya matahari. Ada baiknya Anda membawa minuman dan makanan karena tak ada satupun warung di Tanjung Ringgit. Anda tentu tak mau kelaparan dan dehidrasi bukan?. Lebih asik lagi, kalau Anda membawa tikar dan makanan untuk disantap sembari menikmati indahnya pantai berpasir putih ini. Jangan lupa charge baterai kamera Anda agar dapat merekam semua momen selama di Tanjung Ringgit. Karena disini belum ada penginapan yang memadai, pilihan jatuh pada hotel-hotel yang ada di Mataram, apalagi jika Anda masih harus menjelajahi kawasan wisata lain di pusat kota. Beberapa penginapan yang bisa Anda gunakan untuk bermalam selama liburan adalah Lombok Raya Hotel, Lombok Garden Hotel atau Grand Legi Hotel. Oke, selamat berburu view yang memesona lain di Lombok!.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pantai cemara lombok timur
  • tanjung ringgit
  • tanjung ringgit lombok
  • pantai tanjung ringgit
  • peninggalan lombok
  • tempat bersejarah lombok
  • tanjung ringgit lombok timur
  • foto tanjung ringgit
  • Tanjung Ringgit Mataram Nusa Tenggara Barat
  • meriam tanjung ringgit

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,