Menyambangi kawasan Teluk Ekas ini bagaikan beli 1 dapat bonus 3 keindahan. Ya, sejalur dengan teluk yang berada di Desa Pemongkong, Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini ada pantai Cemara, Surga dan Kaliantan. Menarik!

Teluk Ekas merupakan teluk terbesar di Lombok yang merupakan daerah perkampungan nelayan, sehingga banyak sekali perahu dan keramba ikan yang ditambatkan di bibir pantai. Teluk Ekas juga dilengkapi dermaga yang sebenarnya sudah tidak berfungsi. Di tempat inilah dibudidayakan rumput laut, udang dan lobster. Itu mengapa selain Bangko Bangko, Ekas juga sangat cocok untuk lokasi memancing. Tidak itu saja, teluk ini juga menyimpan keindahan bawah laut yang memesona, sangat cocok untuk aktivitas snorkling maupun diving. Sayangnya, pada musim hujan perairan Teluk Ekas menjadi keruh karena banyak sungai yang bermuara disini. Disamping disukai pemancing, ombaknya yang tinggi membuat para surfer tertarik tantangan berselancar di Ekas. Kualitas ombak di Ekas berkelas regional classic, cocok untuk dinikmati berbagai level surfer. Tipe ombaknya reef-rocky dengan arah kanan maupun kiri. Sedangkan bentuknya ada 3 yakni pipa (pipe), dinding (wall) dan heavy. Untuk para peselancar, Ekas mempunyai 2 spot terbaik yaitu outside Ekas dan Inside Ekas. Outside Ekas adalah ombak kidal, tingginya 5 hingga 10 kaki. Ombaknya jatuh dengan keras, bertenaga dan memiliki luas permukaan yang lebar. Sedangkan inside Ekas lokasinya lebih ke dalam teluk. Ombaknya membentuk dinding puncak yang menyenangkan. Di saat yang tepat dapat berupa ombak panjang dan barrels di bagian kanan. Ombak rendah di kanan, ombak tinggi sebelah kiri dan bisa mencapai ketinggian hingga 12 kaki.

Keasyikan surfing juga diberikan pantai Surga. Secantik namanya, pantai ini menjadi surga para surfer yang ingin menjajal kemampuannya. Bagi kalangan surfer, pantai surga bisa menyatukan siapapun karena ombaknya yang cocok untuk semua penggemar surfer. Suasana alamnya rileks dan jauh dari kebisingan kota membuat pantai ini cocok bagi mereka yang ingin bermain tanpa diganggu orang lain. Panorama pantai Surga sangat indah. Sebelah kanan pantai terdapat tebing berwarna keputihan dan menjulang. Tebing ini memang jadi pemanis keindahan pantai Surga. Pantai ini juga amat bersih dan terawat, sayangnya akses menuju Pantai Surga masih sangat buruk.

Setelah ke Pantai Surga, jangan lupa mengintip keindahan Pantai Kaliantan dan Cemara. Pantai Cemara adalah pantai yang ditumbuhi banyak pohon cemara dan ombak yang sangat minim. Itu mengapa pantai ini digandrungi anak-anak kecil agar bisa bermain pasir dengan bebasnya. Para orangtua juga lebih merasa aman mengajak anak mereka ke pantai Surga karena ombaknya tidak membahayakan. Pantai Kaliantan tidak hanya memberikan eksotisme keindahan pantai yang berpasir putih. Namun juga kesenangan bagi siapapun yang ingin snorkling dan diving. Bagi penghobi fotografi, Kaliantan adalah spot yang tepat untuk membidik sunset. Pada bulan Februari – Maret, Kaliantan tidak akan sepi dan sunyi karena sebagian warga sekitar akan tumpah ruah ke pantai untuk merayakan tradisi bau (nangkap) Nyale (cacing laut). Masyarakat sekitar percaya dengan mengikuti prosesi Bau Nyale akan mendapat berkah misalnya mengusir berbagai macam penyakit atau hama tanaman. Kini Bau Nyale di pantai Kaliantan merupakan paket wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Tidak tersedia angkutan umum ke Pantai Kaliantan karena kendaraan umum hanya beroperasi sampai Kecamatan Jerowaru. Jika Anda ingin ke kawasan ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Jika berangkat dari Mataram, rute yang harus Anda tempuh adalah menuju timur ke arah Lombok Timur dengan waktu tempuh kira-kira 1 jam, dilanjutkan ke arah Selatan melalui Kecamatan Sikur – Sakra – Keruak – Jerowaru – Pemokong – Kaliantan. Waktu tempuh menuju Pantai Kaliantan dari pusat kecamatan Jerowaru sekitar 30 menit dengan jarak sekitar 23 km.

Bersebelahan dengan kawasan Teluk Ekas di Lombok Timur, Anda bisa meneruskan perjalanan ke Lombok Tengah yakni di kawasan pantai Kuta. Ada pantai Gerupuk, Mawun dan Tanjung A’an. Anda bisa menginap di kawasan Kuta Lombok yakni di Novotel Lombok Hotel, Kuta Indah Hotel atau Tastura Beach Resort. Selamat snorkling, diving dan surfing!

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • pantai antak antak lombok
  • Pantai antak
  • teluk ekas
  • pantai antak antak terletak dimna
  • pantai antak-antak lombok
  • pantai ekas lombok
  • pantai ekas surfing demgan ombak berkelas regional
  • telok ekas
  • teluk ada ombak gak y
  • teluk ekas lombok

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,