Pantai berpasir hitam mungkin sudah biasa. Pantai berpasir putih tentu sangat indah. Nah, kalau pantai berpasir pink? Penasaran? datanglah ke pantai Tangsi. Anda akan disejukkan dengan hamparan pasir berwarna merah muda merona.

Mata Anda akan terbelalak karena melihat hamparan pasir pink dan laut hijau kebiruan yang terhampar di pantai Tangsi. Pasir pantai Tangsi berwarna kemerahan karena terkena pecahan hewan karang yang bernama Homtrema Rubrum. Hewan yang berwarna merah menyala ini banyak terdapat di bawah laut pantai Tangsi. Kekayaan bawah laut pantai ini memang menawan. Tidak perlu menyelam sampai di kedalaman tertentu, Anda hanya perlu snorkling dan akan melihat berbagai biota laut seperti bintang laut, anemon dan nudibranch. Asyiknya lagi pantai ini landai dan dangkal sehingga kita bisa bebas berenang dan snorkling tanpa takut arus yang deras. Berada di sebuah cekungan alias teluk membuat tak ada ombak besar yang menyambar daratan pantai Tangsi. Itu mengapa belasan meter dari bibir pantai, kedalaman airnya hanya hingga sedada orang dewasa.

Selain pasir yang memesona, pemandangan pantai Tangsi diselipi beberapa perahu nelayan yang berbaris rapi di pinggir pantai. Beberapa kapal yang berjajar ini bisa disewa untuk memancing atau sekedar berkeliling untuk mencari spot snorkling. Oya, karena tidak ada penyewaan alat snorkling, Anda harus membawa sendiri perlengkapan tersebut.

Kelebihan pantai Tangsi dibandingkan dengan pantai lainnya yang lebih populer adalah kebersihan pantai yang masih sangat terjaga. Tidak ada sampah yang mengotori pantai, yang ada hanyalah guguran daun atau serakan kerang yang memenuhi beberapa sudut. Ingin melihat pemandangan dari arah lain, naiklah ke sebuah bukit yang berada di pantai Tangsi. Pemadangan dari bukit sebelah kanan dan kiri akan tampak berbeda. Namun yang pasti hamparan pantai dengan laut lepas serta angin semilir akan menemani Anda selama melihat eksotisme pantai dari bukit.

Selain pantai yang indah, tak jauh dari kawasan ini terdapat gua Jepang yang panjangnya sekitar 44 meter dengan tinggi 1,5 meter. Konon katanya asal mula nama Tangsi karena dulu tempat ini pernah digunakan sebagai barak tentara Jepang ketika mendarat di Lombok pada tahun 1942. Untuk memasuki gua Anda harus membungkuk atau menunduk agar kepala tidak terantuk bagian atas. Selain untuk tempat persembunyian, gua ini menjadi tempat untuk mengintai musuh (sekutu) karena letaknya yang strategis dan menghadap pantai.

Pantai Tangsi berada sekitar 75 meter dari kota Mataram. Waktu yang dibutuhkan agar sampai ke sini sekitar 2,5 jam. Untuk mencapai pantai Tangsi, arahkan perjalanan Anda menuju Praya. Dari Praya, teruskan ke arah timur hingga tiba di sebuah pertigaan desa Sukaraja. Lalu berbeloklah ke kanan hingga tiba di pertigaan desa Pemokong, Jerowaru. Tanyalah ke penduduk setempat arah ke Tanjung Ringgit. Pantai Tangsi berada di 500 meter sebelum Tanjung Ringgit. Jika Anda menyukai destinasi wisata yang belum banyak terjamah wisatawan, tak ada salahnya untuk mengunjungi Tanjung Ringgit, Tanjung Bloam dan Gili Sunut yang masih alami. Jangan lupa untuk singgah di hotel yang nyaman agar liburan Anda makin asyik seperti Grand Legi Hotel, Griya Asri Hotel dan Bidari Hotel. Selamat berlibur!

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pantai pink lombok timur
  • pantai tangsi
  • pantai tangsi lombok
  • pasir pink lombok
  • pantai pink di lombok
  • pantai pasir pink lombok
  • pantai pasir pink di lombok
  • peta lokasi pantai pink lombok
  • pantai pink di lombok timur
  • pantai pasir pink

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,