Ada banyak sentra kerajinan di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Salah satunya yang cukup unik adalah kerajinan patung kayu di dusun Senanti, Desa Sukaraja, Kecamatan Jerowaru. Selain itu ada kerajinan tenun gedogan di Pringgasela. Keduanya daerah tersebut berada di Lombok Timur.

Dusun ini cukup terkenal karena warganya pandai mengembangkan seni patung tradisional yang unik dan bernilai seni tinggi. Bahkan hampir mirip dengan patung suku Asmat di Papua. Yang membedakan dengan patung-patung Asmat adalah pada bentuk wajah dan pakaian atau asesoris yang dikenakan patung itu.

Keahlian mereka mengembangkan seni patung ini turun temurun dari nenek moyang yang diwariskan kepada anak cucunya. Itu mengapa warga dusun Senanti sangat ahli mengkreasikan seni patung ini mereka karena kehidupan dan lingkungan mereka sudah bersentuhan dengan budaya yang dilestarikan sejak dulu kala.

Patung-patung ini dihasilkan dari kayu jenis lian, mahoni, bajur dan kayu jati. Pembeli bisa memesan langsung sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta jenis materialnya, apakah dari kayu mahoni, jati atau yang lainnya. Selama ini, hasil kerajinan masyarakat Senanti sudah dijual ke berbagai daerah seperti Bali, Jogjakarta, Jakarta dan beberapa kota lainnya. Tak heran jika dusun ini sering didatangi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Sementara itu, kain tenun Gedogan merupakan produk unggulan kecamatan Pringgasela yang berjarak sekitar 10 km arah utara kota Selong. Kain tenun yang dihasilkan oleh pengrajin disini terkenal mutunya sangat baik karena menggunakan bahan tradisional plus alat tenun yang juga tradisional. Tak heran jika konsumen dari Jepang dan Australia sangat menyukaianya. Yang dimaksud tradisional disini adalah mereka masih menggunakan alat tenun bukan mesin dan pewarnaannya menggunakan pewarna dari kulit kayu sehingga menghasilkan warna-warna yang natural. Benang untuk pembuatan kain masih dipintal dengan tangan. Orisinalitas inilah yang digandrungi para turis khususnya yang berasal dari luar negeri. Oya, kita bisa mengunjungi Pringgasela dengan menggunakan angkutan umum yang telah tersedia.

Anda bisa mengunjungi dua tempat kerajinan tradisional ini untuk melengkapi destinasi liburan selama di Lombok. Jika ingin melengkapi oleh-oleh dengan jenis kerajinan khas lainnya, Anda bisa membeli mutiara di Sekarbela, berburu gerabah di Banyumulek atau membeli kerajinan bambu serta rotan di Beleka dan Loyok.

Selama di Lombok, Anda bisa menginap di pusat kota yakni Mataram yang menyediakan banyak hotel, seperti Lombok Raya Hotel, Lombok Garden Hotel dan Grand Legi Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • SENI PATUNG KAYU
  • jual patung lombok
  • patung lombok dari kayu
  • perintis seni patung tradisional di bali
  • jenis jenis patung dari kayu
  • jenis kayu untuk membuat patung
  • Patung tradisional di lombok
  • tempat pembuatan patung surabaya dari kayu

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,