Tari-tarian merupakan salah satu kesenian daerah yang selalu menjadi penanda atau ciri khas sebuah tempat. Salah satunya adalah tari Oncer khas Suku Sasak, Lombok, Nusa Tenggara Barat yang kerap dimainkan di Sade, Desa Rembitan. Tarian Oncer diciptakan oleh Muhammad Tahir dari desa Puyung, Lombok Tengah pda tahun 1960. Merupakan tarian bersama yang terdiri dari tiga kelompok. Yaitu, 6-8 orang pembawa kenceng atau disebut sebagai penari kenceng. Lalu dua orang pembawa gendang disebut penari gendang dan satu orang pembawa petuk disebut penari petuk.

Tarian Oncer tidaklah berdiri sendiri karena diakhir bagian ada gamelan Gendang Beleq dipukul sambil menari. Tarian Oncer terdiri atas tiga bagian yakni bagian pertama menggambarkan peperangan. Semua penari menari bersama-sama dengan gerakan-gerak tari tertentu. Yang pertama adalah gerak tinduk yakni gerak melangkah yang menggambarkan keberangkan ke medan perang, dalam gerakan ini gerak mengangkat kaki yang ditonjolkan. Kedua adalah gerak bukaq jebak, artinya membuka pintu. Gerakan ketiga adalah kadal nengos artika kadang yang menengok. Gerakan ini berarti suatu tanda kewaspadaan terhadap musuh dengan selalu melihat ke kiri kekanan serta kemuka dan belakang. Yang selanjutnya adalah gerak rebek taping dan tereq repoq. Dalam bagian ini diperagakan gerak bambu yang setengah tumbang karena tiupan angin. Nah, jika bagian pertama tarian diisi dengan cukup banyak gerakan, di bagian kedua dan ketiga tidak seperti itu. Di bagian ketiga inilah dilukiskan kondisi setelah usai perang yang ditandai dengan gerakan cempaka panclang (cempaka berguguran), keroton kombol (kembang sepatu kuncup) dan sandal kebak (kembang sandat yang mekar). Tari oncer dapat ditarikan oleh laki-laki atau perempuan, tetapi perannya tetap laki-laki.

Sementara itu, alat musik yang digunakan tetabuhan Gendang Beleq adalah ceng-ceng, suling, rincik, gong, reong, dan gendang kecil. Menurut sejarah, konon Gendang Beleq baisa dipertunjukkan pada pesta kerajaan yang mengiringi pasukan yang berangkat perang atau datang dari medan perang. Kini, Gendang Beleq dijadikan sebagai tari penyambutan tamu, dan mempunyai struktur penyajian dengan diawali masuknya 2 orang penari gendang sehingga menampakkan tarian ini sangat gagah dan dinamis. Kemudian masuklah 4 hingga 6 penari oncer, sementara penari gendang mengambil posisi di samping kanan kiri sebagai latar belakang. Kemudian penari Oncer mengambil posisi duduk sambil menyanyi lagu Pampang Paoq. Diakhir tarian, penari Oncer keluar diikuti para penari gendang.

Jika Anda ingin menyaksikan kesenian Gendang Beleq dan tari Oncer ini, Anda bisa melihatnya saat mengunjungi desa tradisional Sasak yakni Rembitan. Selain melihat bagaimana kondisi dan kehidupan masyarakat setempat, kita bakal disuguhi tari Oncer dan Gendang Beleq untuk menghibur para wisatawan yang datang plus melestarikan budaya kesenian Lombok. Selain tari Oncer, seni Presean juga kerap ditunjukkan sebagai salah satu hiburan. Dusun ini berada di kecamatan Pujut, kabupaten Lomboh Tengah, tepatnya ada di tepi jalan raya Praya-Kuta. Anda sebaiknya menyewa mobil untuk mengunjungi tempat ini sekaligus sempatkan untuk menikmati pantai Kuta yang indah.

Hotel terdekat dengan lokasi Desa Rembitan adalah Kuta Indah Hotel, Tastura Beach Resort dan Bumbangku Beach Cottage.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tarian khas lombok
  • tari khas lombok
  • tari gendang beleq
  • sinopsis tari oncer
  • Tari Oncer NTB
  • asal tari oncer
  • tarian oncer
  • tari oncer dari NTB
  • tari oncer berasal dari
  • deskripsi tari oncer

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,