Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat dikenal sebagai pulau yang sarat atraksi budaya. Namun jarang yang mengetahui apa saja seni budaya yang menjadi kekayaan pulau seribu masjid ini. Festival Senggigi yang digelar setiap bulan Juli adalah event yang akan memperkenalkan aneka ritual adat, budaya dan kesenian di Lombok.

Pada gelaran Festival Senggigi tahun lalu beberapa kesenian dan upacara adat yang dipertontonkan kepada masyarakat luas adalah prosesi adat pernikahan Sasak yakni Nyongkolan. Tidak hanya nyongkolan yang digelar namun bagian-bagian lain dari tata cara pernikahan yang banyak menggandung nilai budaya seperti midang yang direpresentasikan dengan tarian Ngujang Midang. Kemudian ada prosesi Penangko dimana ada beberapa rombongan yang membawa aneka macam penangko yakni barang bawaan untuk acara begawe. Dalam masyarakat Sasak begawe adalah proses selamatan atau tasyakuran yang dilakukan masyarakat dalam upacara pernikahan, khitanan atau acara-acara lainnya. Selain prosesi pernikahan, beberapa kesenian tradisional lainnya juga unjuk gigi seperti tari Rudat, tari Gandrung dan masih banyak lagi.

Ya, Festival Senggigi merupakan event promosi tahunan yang dikelola oleh dinas pariwisata Lombok Barat. Tahun ini gelaran tersebut dilaksanakan pada 5-8 Juli lalu. Selain karena rutin digelar, event ini selalu mendapat perhatian luas dari warga Lombok juga wisatawan baik domestik maupun asing karena kepopuleran pantai Senggigi. Pantai yang ini merupakan ikon pariwisata Lombok yang tak pernah sepi pengunjung. Tak heran jika setiap Festival Senggigi digelar, ratusan fotografer baik dari dalam maupun luar negeri selalu memadati. Aneka pertunjukkan yang dipertontonkan ternyata menarik perhatian mereka. Pada tahun 2011 lalu, tercatat ada sekitar 250 fotografer dari 50 negara yang tergabung dalam Federation International Art Photographer (FIAF). Fotografer-forografer itu tidak hanya tertarik dengan event yang digelar namun juga karena akan melakukan photo hunting di berbagai destinasi wisata Lombok.

Oya, setiap tahun Festival Senggigi selalu membawa tema yang berbeda. Tahun 2010 lalu temanya “Colour of Culture”, tahun 2011 dengan “Begawe Semesta Warna Budaya” sedangkan tahun 2012 ini bertema “Aku Cinta Lombok Barat”. Tahun ini Festival Senggigi dimeriahkan dengan berbagai gelaran seperti tari kolosal, parade seni budaya, Presean, pameran kuliner tradisional Lombok, serta pagelaran seni budaya & pariwisata. Event rutin ini bisa Anda manfaatkan untuk sekaligus berlibur ke Lombok dan mengunjungi tempat-tempat menarik lainnya di sekitar Senggigi seperti Pura Batu Bolong, Pura Lingsar dan Taman Narmada. Beberapa penginapan dan hotel yang dekat dengan kawasan ini adalah Holiday Resort Lombok, Pool Villa Club Senggigi Beach Hotel dan Senggigi Beach Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • festival senggigi
  • seni budaya lombok
  • kesenian lombok
  • event event yang pernah ada di lombok
  • sejarah rudat di bali

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,