Keindahan wisata alam Lombok, Nusa Tenggara Barat sudah tidak diragunkan lagi. Jika ingin destinasi wisata buatan manusia datanglah ke Bendungan Pengga yang berada di desa Pelambik, Praya Barat, Lombok Tengah. Bendungan cantik ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 16 Oktober tahun 1994. Hingga kini, 18 tahun kemudian bendungan ini masih tetap terawat dan menjadi destinasi wisata yang tidak akan mengecewakan. Konstruksi bendungan Pengga menggunakan beton bertulang yang kokoh.

Bendungan ini awalnya bertujuan untuk mengatasi seringnya gagal panen warga sekitar. Jadilah sekarang bendungan Pengga digunakan untuk mengairi sawah atau dengan kata lain sebagai irigasi serta pengendali banjir. Wilayah Lombok bagian selatan merupakan daerah kritis yang memiliki area pertanian cukup luas. Masalahnya intensitas curah hujannya sangat kecil sehingga sering terjadi kegagalan panen. Nah, dengan dibangunnya bendungan ini, air sungai Penunjak yang mengalir dari kaki gunung Kendo ke arah Selatan menuju Kota Praya dan bermuara di waduk Batujai. Selanjutnya limpahan waduk ini menelusuri alur sungai Penujak yang akhirnya bermuara di Pengga.

Kini, bendungan Pengga semakin hari semakin banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Tidak itu saja, warga juga berinisiatif untuk memelihara ikan sehingga penghobi mancing bisa datang ke Pengga untuk mengail ikan di tengah keindahan bendungan. Area sekitar bendungan beberapa diantaranya terdiri dari bukit-bukit yang ditutupi dengan pohon rindang. Mengunjungi bendungan ini Anda seperti berada di tengan hutan buatan yang banyak didirikan di kota-kota besar di Indonesia. Pohon-pohon inilah yang membawa udara sejuk dan lembab. Belum lagi hamparan air yang kini menghidupi dan mengangkat taraf hidup masyarakat Pelambik dan Praya para umumnya. Itu mengapa, Pengga cocok untuk lokasi refresing. Menyegarkan jiwa dan raga selepas aktivitas yang terus mengikuti kita saat hari kerja. Diantara pantai dan pura yang banyak bediri di Lombok, bendungan Pengga adalah alternatif destinasi wisata keluarga. Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menyewa mobil dari Mataram.

Selain bendungan Pengga, Anda bisa mengunjungi beberapa objek menarik lainnya di Lombok seperti Desa Sapit di Lombok Timur yang indah atau bermain golf di Rinjani Golf Country Club dan Lombok Golf Kosaido Country Club. Jika hobi bersepeda, Lombok juga menyediakan rute yang menantang fisik Anda. Selama di Lombok, Anda bisa menginap di Bidari Hotel, Griya Asri Hotel dan Grand Legi Hotel.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • bendungan pengge
  • bendungan pengga lombok tengah
  • pengge
  • bendungan pengga
  • pengga
  • sejarah bendungan pengge
  • luas bendungan pengge
  • Bendungan pengge lombok
  • pembunuhan di bendungan pengga
  • kematian anak smp dibndungan pengge

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,