Keindahan pulau Moyo tak diragukan lagi. Jumlah kunjungan ke kawasan wisata ini pun melonjak naik. Jika Anda berminat untuk menikmati alam Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ada beberapa alternatif pilihan transportasi yang bisa digunakan.

Bila menggunakan jalur darat kita bisa menggunakan mobil sewaan dengan memulai perjalanan dari Mataram. Rute yang akan ditempuh adalah Mataram – Pelabuhan Kayangan Lombok dengan waktu tempuh 2 jam. Selanjutnya kita menyeberang ke Pelabuhan Poto Nano Sumbawa Barat dengan waktu tempuh sekitar 1 – 2 jam. Sesampainya di Poto Nano, perjalanan darat kembali dilakukan menuju Sumbawa Besar dengan durasi tempuh 2 jam.

Alternatif transportasi kedua adalah dengan menggunakan jalur udara. Jika berminat Anda bisa menumpang maskapai penerbangan yang melayani rute Mataram – Sumbawa Besar dengan menggunakan pesawat Fokker 50. Jadwal terbangnya setiap Selasa dan Jumat dengan waktu tempuh sekitar 35 menit.

Sumbawa Besar menuju Pulau Moyo dilakukan dengan menyeberang dari Pelabuhan Muara Kali. Transportasi yang bisa kita gunakan adalah kapal rakyat yang tiba dari Moyo pukul 09.00 pagi dan berangkat lagi pada 11.30 siang. Kapal motor ini bertarif mulai Rp. 20 ribu – Rp. 25 ribu per orang. Kapal ini akan membawa kita mengarungi perairan selama 2 jam.

Oleh karena jadwal keberangkatannya satu kali setiap hari, sehingga Anda harus menunggu keesokan harinya untuk kembali ke Sumbawa. Atau jika tak mau menginap, kita bisa menyewa perahu motor nelayan setempat dengan traif Rp. 400 ribu hingga Rp. 600 ribu.

Nah jika waktu Anda tak banyak, rogoh kocek lebih dalam untuk menyewa speed boat milik swasta dengan tarif Rp. 3 juta untuk rute Pulau Moyo – Sumbawa PP dengan waktu tempuh 30 menit sekali jalan. Kapal motor cepat ini bisa kita gunakan untuk mengelilingi Pulau Moyo seharian penuh.

Pulau Moyo terletak di 2,5 km di sebelah utara pulau Sumbawa. Ia memiliki luas 350 km persegi dengan ketinggian maksimum 671 meter serta garis pantai 88 km. Dengan kondisi ini, maka kita butuh waktu yang cukup banyak untk melihat kemolekan seluruh kawasan. Berdasarkan surat keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan kawasan ini menjadi Taman Wisata Alam Laut Pulau Moyo dan Taman Buru Pulau Moyo sejak tanggal 24 Desember 1986.

Tempat ini kendati tersembunyi dan sunyi namun sudah cukup populer di kalangan wisatawan mancanegara. Terbukti mendiang Lady Diana dan Pangeran William dari Belanda pernah merasakan nikmatnya liburan di pulau ini. Mick Jagger dan mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar juga pernah berlibur disini.

Ada 6 dusun yang menghuni Pulau Moyo yakni Labuan Aji, Brang Rea, Sibatok, Brang Kua, Sitema dan Patedong. Sedangkan destinasi wisata yang bisa kita kunjungi adalah Tanjung Pasir, Ai Manis, air terjun Mata Jitu, Poto Jarum, spot-spot diving, Brang Sedo, Diwu Mbai dan Takat.

Selama berlibur di Sumbawa Anda bisa menginap di Samawa Seaside Cottage dan Samawa Transit Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pulau moyo lombok
  • letak pulau moyo
  • pulau mojo
  • pulau moyo NTB
  • lokasi pulau moyo
  • transportasi ke pulau moyo
  • Pulau moyo di sumbawa
  • pulau moyo ntb travel
  • rute liburan ke pulau moyo
  • pulau moyo di ntb

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,