Kehidupan yang sarat dengan adat istiadat sudah semakin jarang kita temui. Bahkan atraksi budaya pun kini hanya bisa disaksikan di gedung-gedung pertunjukkan atau destinasi wisata tertentu. Nah, dahaga akan hal-hal yang berbau tradisional itu bisa Anda temukan kembali di Desa Pamulung, Sumbawa Besar, NTB.

Di Desa Pamulung Anda dapat melihat langsung bagaimana warga menenun. Mereka yang mayoritas terdiri dari ibu-ibu tersebut membuat selendang Sumbawa dan pabasa (blangkon) yang sudah dikenal sebagai produk unggulan Panulung dan Sumbawa pada umumnya. Dari segi kualitas, hasil tenun dan barang-barang turunannya itu cukup baik karena dikerjakan oleh mereka yang sudah ahli. Ya, menenun sudah menjadi aktivitas yang mereka lakukan sejak lama. Asyiknya lagi, pengunjung bisa langsung membeli selendang Sumbawa di Desa Pamulung, harganya lebih murah dari pada yang dijajakan di pasar plus bonus bisa melihat langsung cara pembuatannya.

Nah, atraksi budaya yang bisa kita saksikan langsung adalah tarian adat Sumbawa. Tarian ini merupakan bagian kegiatan penyambutan kepada setiap wisatawan yang bertandang. Bahkan jika tertarik dengan gerakannya dan hobi menari, mereka akan sukarela mengajarkannya kepada kita di sanggar tari yang ada di Panulung. Tidak hanya tarian yang bisa kita lihat dari dekat tetapi juga upacara pernikahan adat Sumbawa. Pakaian dan tata caranya dipamerkan kepada setiap pengunjung.

Mau yang lebih atraktif? Saksikan barapan kebo yang menjadi sebuah pertunjukkan unik setiap tiba musim tanam yakni sekitar bulan Januari atau Februari. Barapan kebo bukanlah adu cepat sampai garis finish namun ajang pada sandro beradu mantra. Sandro adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki kemampuan supranatural yang nantinya akan menancapkan sakak. Sakak adalah sebilah tongkat finish. Pada saat barapan kebo, sepasang kerbau yang sudah dipersiapkan akan dikendalikan oleh seorang joki dan berlari kencang menuju sakak. Selama acara sandro berusaha menanamkan mantra pengalih pada kerbau dan joki agar tak mampu mencapai sakak. Sandro yang berhasil akan mengalunkan kemenangannya dalam sebuah syair sesumbar khas Sumbawa. Atraksi lain yang juga menarik adalah barempuk (tinju bebas ala Sumbawa), karaci (pertarungan menggunakan stik rotan besar) dan barukuk (gulat tradisional).

Oya, nama Pamulung pada desa bukanlah tanpa maksud. Kata itu  berasal dari ‘panulung’ yang berarti ‘membantu’. Konon dulu kala masyarakat Pamulung sering membantu hajatan atau perayaan kerajaan maupun desa-desa yang ada disekitarnya.

Sementara itu, beberapa tips berwisata di Pamulung adalah ajak keluarga khususnya anak-anak agar mereka bisa berlibur sambil belajar kebudayaan Indonesia. Jika Anda memutuskan untuk menginap di desa ini sebaiknya jangan lebih dari 1 minggu agar tidak bosan dan jenuh. Agar liburan di Pamulung benar-benar seperti hidup di pedesaan gunakanlah angkutan umum (bukan mobil pribadi) agar nuansa tradisionalnya terasa.

Desa Pamulung berada di kawasan Desa Karang Dima, Kecamatan Labuhan Badan, Sumbawa Besar. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota yakni sekitar 8 km. Selain mobil prinbadi, lokasi ini bisa diakses menggunakan motor dan kendaraan umum.

Objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi selama di Pulau Sumbawa adalah Ai Renung, Istana Tua Dalam Loka dan Pelabuhan Poto Nano.

Selama liburan Anda bisa menginap di Samawa Seaside Cottage dan Samawa Transit Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • OK Google atraksi di Lombok
  • atraksi di lombok
  • atraksi wisata budaya
  • Oke Google atraksi di Lombok
  • atraksi di lombok oke google
  • google atraksi di Lombok
  • halo google atraksi di lombok
  • gambar atraksi di lombok
  • atraksi di NTB
  • adat istiadat sumbawa antat panulung

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,