Snorkeling dan diving adalah dua aktivitas yang dapat kita lakukan selama berlibur di Pulau Moyo, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Untuk itu sebelum menginjakkan kaki ke pulau ini Anda harus tahu spot mana sajakah yang akan menyuguhkan pesona pemandangan bawah laut tersebut.

Destinasi pertama yang bisa kita tuju adalah Pantai Ai Manis yang memiliki hamparan pasir putih. Perairan ini memiliki spot diving dan snorkeling yang sangat indah dan menjadi favorit para wisawatan asing. Ai Manis dapat ditempuh hanya dalam waktu 20 menit dari Tanjung Pasir atau 60 menit dari Pantai Kencana Sumbawa. 

Selanjutnya ada Poto Jarum atau Ujung Jarum yang selain berpasir putih juga pantai dengan air laut yang sangat jernih. Selain snorkeling, Poto Jarum adalah tempat favorit untuk berjemur para turis mancanegara. Dari Tanjung Pasir, Poto Jarum dapat ditempuh selama 70 menit.

Jika Anda ingin menginap untuk memuaskan hasrat menyelam maka Brang Sedo adalah kawasan yang bisa jadi pilihan. Pantai ini sering disinggahi wisatawan untuk berkemah dengan mendirikan tenda. Keesokan harinya Anda bisa mencoba untuk diving dengan visibilitas yang tinggi karena airnya sangat jernih. Dari Tanjung Pasir, Brang Sedo bisa dicapai dalam waktu 70 menit.

Titik diving lainnya yang tak kalah populer adalah Pulau Medang yang berada di sebelah barat laut Moyo. Pulau ini kerap menjadi destinasi utama wisatawan bahkan kapal pesiar dari Bali, Lombok dan luar negeri.

Pulau Moyo memang menawarkan keindahan alam bawah laut yang memesona. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang kondisinya baik. Belum lagi penghuni lain seperti anemon, pelagik, belut, groupers bahkan manta bisa kita temui saat menyelam. Singkat kata, beragam jenis ikan dan terumbu karang tersebar di sepanjang 88 km garis pantai Pulau Moyo.

Kekayaan Pulau Moyo ini lantas menggugah pihak pemerintah untuk mengadakan Festival Moyo pada 29 Oktober – 5 November 2012 lalu. Gelaran ini berisi berbagai acara yang bertujuan untuk mengeksplorasi keindahan alam pulau ini, seperti bersepeda, kontes memancing dan menyelam. Khusus untuk mata acara menyelam dilakukan pula pemecahan rekor dunia untuk penyelaman terlama dengan jumlah penyelam terbanyak. Festival yang menjadi bagian dari ‘Go Sumbawa 2012’ itu juga mengenalkan budaya setempat kepada para pengunjung dan partisipan seperti lomba kebo berenang, karapan kebo, lomba kano, pencak silat bahari dan pacuan kuda.

Nah, jika Anda juga tertarik untuk mengeskplorasi keindahan bawah laut Pulau Moyo, rencakana liburan Anda sejak jauh-jauh hari. Kumpulkan informasi mengenai transportasi yang digunakan untuk mencapai pulau ini juga berbagai destinasi wisata yang tersedia.

Selama liburan Anda bisa menginap di Samawa Seaside Cottage dan Samawa Transit Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pulau moyo nusa tenggara barat
  • Spot snorkeling di Sumbawa
  • diving di Pulau Lombok
  • snorkling moyo
  • snorkeling dan diving
  • sewa alat daiving di sumbawa
  • pulau terindah
  • poto jarum sumbawa
  • penjelasan tentang pantai poto jarum
  • menyelam di pulau lombok

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,