Bagi wisatawan di Indonesia Pulau Moyo barangkali masih jarang terdengar, namun tidak begitu halnya bagi para turis mancanegara. Tercatat beberapa selebriti terkenal dunia sudah pernah menginjakkan kakinya ke Moyo, seperti Mick Jagger, mendiang Putri Diana, serta mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar.

Pulau Moyo yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat menjadi pilihan wisata beberapa orang dikarenakan tempat ini merupakan kawasan yang sunyi namun menyimpan keindahan. Semenjak Putri Diana mengunjungi pulau itu pada pertengahan Agustus 1993, popularitas Pulau Moyo langsung melejit menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Salah satu objek yang sangat menarik di Moyo adalah air terjun Mata Jitu yang konon pernah menjadi tempat untuk mandi Lady Di. Itu sebabnya, titik ini juga sering disebut dengan air terjun Lady Di. Aliran air di tempat ini sangat tenang berwarna hijau kebiruan. Bebatuan dan daun yang jatuh ke dasar sungai sangat jelas terlihat karena permukaan air yang jernih. Disebut ‘mata jitu’ karena berada tepat di dekat sebuah mata air.

Selain eksotisme alamnya, Pulau Moyo juga menjadi rumah bagi aneka fauna seperti rusa timor, banteng, babi hutan, sapi liar dan lain-lain. Tidak hanya itu, sejumlah burung langka yang dilindungi seperti kakatua jambul kuning, burung gosong, koakiau tandung, beo sumbawa, punglor dan ayam hutan. Total ada 86 jenis burung dan 21 jenis kelelawar yang bermukim di alam bebas Moyo. Tak heran jika pemerintah menetapkan sejumlah wilayah pulau ini sebagai kawasan Taman Wisata Alam Laut seluas 6.000 hektar dan Taman Buru seluas 22.250 hektar.

Aktivitas yang bisa kita lakukan selama liburan di Moyo adalah snorkeling. Terdapat sponge dan crustacea di taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah. Ya, hampir keseluruhan Pulau Moyo dikelilingi karang yang masih utuh. Di kawasan ini – jika beruntung – kita akan bertemu dengan hiu yang panjangnya sekitar 2 meter, anemon, pelangik, manta dan sekumpulan ikan terbang. Diving juga menjadi pilihan kegiatan yang mengasikkan. Anda bisa menyelam sepuasnya di sekitar Pulau Medang yang berada di barat laut Pulau Moyo.

Pulau ini juga menjadi tempat persinggahan bagi kapal pesiar dari Bali, Lombok dan mancanegara.  

Jika Anda ingin berlibur ke destinasi ini, Pulau Moyo dapat ditempuh dari Mataram, Lombok dengan menyeberangi Sumbawa melalui Pelabuhan Kayangan menuju Pelabuhan Poto Tano. Setelah itu, Anda harus melintasi jalur darat menuju Kabupaten Sumbawa. Total waktu perjalanan sekitar 6 jam. Dari Sumbawa perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang ke Pulau Moyo. Anda bisa menggunakan penyeberangan rakyat yang tersedia setiap hari. Kapal rakyat dari Moyo tiba ke Pelabuhan Muara Kali di Sumbawa sekitar pukul 9 pagi dan berangkat lagi ke Moyo pada pukul 11. 30 siang.  Tarif kapal ini mulai Rp. 20 ribu hingga Rp. 25 ribu per orang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Anda harus menginap minimal semalam di Moyo karena kapal yang sama baru akan berlayar lagi keesokan harinya.

Pulau Sumbawa kaya akan tujuan wisata, selain Moyo Anda bisa melihat keindahan lain seperti Pantai Maluk dan Gili Keramat.

Selama liburan Anda bisa menginap di Samawa Seaside Cottage dan Samawa Transit Hotel.

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Peta lokasi View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pulau moyo
  • wisata sumbawa
  • pulau moyo sumbawa
  • pulau medang
  • pesona pulau moyo
  • flora dan fauna yang ada di air terjun mata jitu
  • air terjun pulau moyo
  • pulau moyo di sumbawa ntb
  • air terjun mata sapi terletak di
  • pulau moyo sumbawa image

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,