Jika Anda penyuka petualangan, Gua Liang Petang di Sumbawa Besar adalah tempat yang harus dikunjungi. Terletak di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu, gua ini selain menyimpan pesona juga sarat misteri.

Di dalam gua, pengunjung akan menemui batu mayat yang konon merupakan fosil manusia yang telah membatu. Tidak hanya itu, di lokasi ini juga pernah ditemukan benda-benda antik berupa bale-bale, tembikar, keramik bahkan alat tenun. Barang-barang itu ditemukan oleh warga dan para peneliti yang masuk ke Gua Liang Petang.

Selain menjadi daya tarik wisata, Gua Liang Petang juga diyakini menjadi tempat yang keramat. Hal itu terlihat dari beberapa orang yang datang untuk menuju sebuah tempat pertapaan dan mata air yang digunakan untuk membayar nadzar.

Bagi pengunjung yang belum familiar dengan rute susur gua, Anda tak perlu khawatir. Ada banyak pemandu lokal yang siap mengantarkan kita. Gua sepanjang 500 meter ini bisa Anda jelajahi dengan membayar guide sebesar Rp. 75 ribu. Mereka juga akan membawa lampu penerangan untuk memudahkan kita melihat kondisi gua. Dari sinilah kita akan melihat dari dekat variasi unik aneka stalagmit dan stalaktit Liang Petang. Menurut berbagai publikasi, Liang Petang adalah salah satu gua dengan ornamen stalagmit yang terbaik di Indonesia. Gua ini juga diduga menjadi pusat penyebaran Islam di Sumbawa karena didalamnya terdapat bilik-bilik yang pernah dihuni.

Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa langsung menuju Desa Batu Tering yang jaraknya sekitar 29 km dari kota Sumbawa Besar. Sesampainya disana, sewalah ojek (Rp. 50 ribu) untuk mengantar ke gua yang aksesnya tidak terlalu bagus. Jalanan rusak dan berbatu. Selanjutnya kita harus menyeberangi sungai yang cukup indah di bawah bukit hijau dan batu karang. Tidak hanya itu, kita harus mendaki bukit selama 20 menit sebelum akhirnya sampai di mulut gua.

Tak jauh dari gua ini terdapat gua kelelawar atau yang sering disebut dengan Liang Bukal. Selain Liang Petang, Anda bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata lain di Sumbawa Besar seperti Istana Tua Dalam Loka, Bala Kuning dan Gili Bedil.

Selama liburan menginaplah di Samawa Transit Hotel dan Samawa Seaside Cottage.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • liang bukal
  • gua di lombok
  • liang bukal sumbawa
  • liang peteng sumbawa
  • liang petang
  • jalan ke liang bukal#scso=uid_WQVEUAAAoQ0Kj7cM-QxhJg_4:1977
  • wisata gua liang petang
  • peta menuju liang bukal
  • liang bukal batu tering
  • daftar gua di ntb

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,