Tak hanya memiliki alam yang elok, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat juga mempunyai suguhan yang bakal menggoyang lidah Anda. Apa saja ?

Yang pertama adalah singang. Makanan ini berbahan ikan segar – biasanya bandeng atau kakap – yang dibumbui dengan berbagai macam rempah. Sepintas tampilannya mirip gulai karena kuahnya yang berwarna kekuningan. Singang sangat menggungah selera dengan taburan daun kemangi dan cabe rawit merah. Rasa asam Jawa juga cukup kuat hingga sayur ini terasa sedikit asam namun sangat lezat. Singang cukup populer di Sumbawa sehingga tak sulit menemukan pedagang yang menjual racikan khas tersebut.

Nah, kuliner lain yang berbahan ikan adalah ikan celup kuah sepat. Sajian ini cukup unik karena ikannya dibakar plus ditemani dengan sambal tomat dan irisan mentimun. Jenis ikan yang dipakai untuk masakan ini adalah kakap dan baronang yang berukuran sedang. Sementara kuah sepatnya terbuat dari terong, mangga muda, daun aru, ketimun, berlimbing wuluh, tomat, kemiri dan asam Sumbawa. Bahan-bahan itu diletakkan dalam mangkuk kemudian dituang air. Kuah sepat disajikan tanpa dimasak terlebih dahulu. Tak heran jika rasanya asam segar seperti acar.

Jika Anda penggemar daging sapi, cicipilah masakan bernama gecok. Makanan khas Sumbawa ini berbahan utama daging dan jeroan sapi yang dimasak dengan cara ditumis dan dibalut dengan parutan kelapa berbumbu. Bisa dibayangkan makanan ini terasa renyah dan gurih saat Anda lahap.

Nah, bagi penikmat bubur belum afdol jika tidak merasakan bubur palopo yang menjadi suguhan khas masyarakat Taliwang, Sumbawa Barat. Dalam bahasa asli Sumbawa ‘bubur palopo’ artinya ‘bubur kerbau’. Mengapa dinamakan begitu ? karena bubur ini terbuat dari susu segar kerbau. Makanan ini dimasak dengan menggunakan susu segar yang baru diperah dicampur dengan gula merah dan air rebusan terong kuning. Setelah mengental, adonan dimasukkan ke dalam mangkok untuk dikukus selama setengah jam. Setelah dingin bubur palopo siap disantap. Konon katanya, bubur palopo ini bisa memulihkan stamina setelah seharian berpuasa plus menambah vitalitas. Makanan ini dapat dengan mudah dijumpai saat Anda pergi ke Sumbawa Barat.

Bila sudah puas mencoba makanan berat, kini waktunya Anda merasakan jajanan khas pulau ini. Namanya manjareal dengan bahan dasar kacang tanah yang ditambah dengan bahan lainnya yang biasa digunakan saat memasak aneka kue. Manjareal dibungkus menggunakan daun lontar sehingga aromanya harum dan unik. Kudapan ini cocok dimakan sambil menikmati kopi atau teh hangat.

Oya, semua makanan khas itu dapat kita temui di tempat makan atau restoran yang ada di Sumbawa.

Selain kuliner, jangan lupa untuk mengunjungi destinasi menarik di Sumbawa seperti Istana Tua Dalam Loka, Wisma Praja dan Bala Kuning. Semuanya berada di kawasan Sumbawa Besar.

Selama liburan Anda bisa menginap di Samawa Seaside Cottage dan Samawa Transit Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • makanan khas sumbawa
  • kue khas sumbawa besar
  • jajanan khas sumbawa
  • kuliner sumbawa besar
  • jajanan khas malaysia
  • manfaat kue palopo taliwang
  • Apa makanan khas lombok
  • Makanan khas sumbawa barat
  • Pusat jajanan di sumbawa besar
  • oleh oleh khas sumbawa barat

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,