Pelabuhan Poto Tano adalah pintu gerbang setiap pendatang yang ingin ke Sumbawa. Selain memegang peranan yang penting bagi mobilisasi warga, Poto Tano juga populer di kalangan wisatawan. Mereka yang sebelumnya singgah di Lombok dan ingin ke Sumbawa akan menyeberangi lautan dari Pelabuhan Kayangan menuju Poto Tano. Selain kapal, akses ke Sumbawa dari Mataram bisa menggunakan pesawat terbang.

Butuh waktu sekitar 2 jam untuk mengaruhi Selat Alas, selat yang memisahkan Lombok dan Sumbawa. Meningkatnya jumlah kunjungan ke Sumbawa dari Lombok membuat pihak setempat menambah armada sejak tahun 2012 lalu. Jika kapal feri yang tersedia sebelumnya hanya berjumlah 13 kapal kini meningkat menjadi 16 kapal. Dua dermaga yang beroperasi di pelabuhan Poto Tano masing-masing akan diisi sebanyak 8 kapal. Pelabuhan ini buka selama 24 jam non-stop dengan jadwal keberangkatan setiap 1 jam sekali.

Selain posisinya yang penting, Pelabuhan Poto Tano ini sering disebut sebagai pelabuhan paling cantik di Indonesia. Ya, hal itu dikarenakan alamnya yang indah dengan gugusan bukit dan perairan hijau kebiruan. Saat musim kemarau, bukit-bukit ini akan diselimuti rumput yang berwarna kekuningan seperti bulu jagung kering. Sedangkan saat musim penghujan, bukit tersebut sangat hijau hingga sepadan dengan warna perairan yang ada di tepian.

Begitu sampai di Pelabuhan Poto Tano yang berada di Desa Poto Tano, Sumbawa Barat, NTB kita akan disambut dengan tulisan besar “Sabalong Samalewa” yang artinya “membangun secara serasi dan seimbang antara pembangunan fisik dan mental spritual”. Dari pelabuhan ini Anda akan disuguhi pemandangan gugusan pulau-pulau kecil berpasir putih.

Ingin makin jelas menikmati keindahan Poto Tano ? naiklah ke atas bukit yang paling tinggi. Dari sini pemandangan luas dengan birunya langit dan pantai terlihat jelas. Di sebelah timur kapal-kapal sibuk mengangkut penumpang. Sedangkan di arah selatan tampak bukit yang diapit pantai serta perkampungan Bajo yang berada di sisi kiri bukit. Di sudut bagian utara tampak pulau-pulau kecil termasuk salah satunya Pulau Kenewa yang eksotis. Pulau ini luasnya hanya sekitar 13 hektar. Anda hanya perlu menempuh 20 menit perjalanan menuju daratan tujuan wisata tersebut.

Bagi yang menyukai fotografi, pemandangan pelabuhan Poto Tano dan alam disekitarnya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Cobalah untuk menyusuri beberapa tempat di garis pantai pelabuhan ini. Suasananya masih sangat sepi dan perawan. Pasir putihnya bersih diselingi padang rumput yang luas. Jika cuaca sedang cerah dari kejauhan tampak Gunung Rinjani yang tersaput awan.

Oya, sesampainya di Poto Tano tentukan tujuan Anda selanjutnya. Bila ingin ke Sumbawa Barat maka berbeloklah ke kanan di bundaran Kemutar Telu yang akan akan kita jumpai setelah keluar dari pelabuhan. Jika ingin ke Sumbawa Besar, Bima atau Dompu maka arahkan kemudi Anda lurus mengikuti alur jalan yang bagian kirinya membentang lautan biru dan bukit-bukit di bagian kanan.

Selama di Sumbawa Anda bisa mengunjungi berbagai destinasi seperti Pantai Maluk dan Sekongkang. Sedangkan di Sumbawa Besar terdapat Gili Keramat yang elok.

Hotel yang tersedia di kawasan Sumbawa adalah Samawa Seaside Cottage dan Samawa Transit Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pelabuhan poto tano
  • poto
  • pelabuhan tano
  • poto lombok
  • pelabuhan sumbawa
  • poto tano sumbawa
  • poto tano
  • pelabuhan poto tano sumbawa
  • pelabuhan tano sumbawa
  • pototano

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,