Sumbawa adalah salah satu kawasan yang menyimpan banyak cerita sejarah. Adalah Istana Bala Kuning yang menjadi saksi bagaimana kisah masa lalu terurai. Destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

Istana Bala Kuning adalah kediaman pribadi Sultan Muhammad Kaharuddin III setelah melepas tahtanya. Kini, bangunan dengan ornamen warna kuning itu ditempati oleh Sultan Muhammad Kaharuddin IV. Di tempat ini tersimpan dengan rapi berbagai benda pusaka seperti mahkota, keris, tombak, pakaian kebesaran sultan dan berbagai benda pusaka lainnya. Kita bisa melihat bodong, sarpedang, payung kamutar, tear (timbak/lembing) serta keris.

Tidak hanya itu, ada juga Al Quran tulisan tangan Muhammad Ibnu Abdullah Al Jawi yang dibuat pada sekitar tahun 1784) tepatnya pada pemerintahan Sultan Harrunnurrasyid II (1770 – 1790) yang berlapiskan emas, perak dan perunggu dalam kondisi yang masih sangat baik. Seperti halnya rumah pada umumnya, di Istana Bala Kuning juga terdapat sudut-sudut yang berhiaskan pajangan koleksi keramik kuno. Aneka foto dan piagam penghargaan terpajang rapi di dinding. Di salah satu sudut rumah terlihat lampu hias yang merupakan pemberian petinggi Belanda kepada sultan pada masa itu. Salah satu koleksi yang sangat langka adalah sarung tangan sawit yang hingga kini masih terawat dengan apik.

Rumah Sultan Sumbawa atau yang dalam bahasa Inggris disebut ‘yellow house’ ini merupakan lambang Kesultanan Sumbawa. Jika kita mengunjunginya Anda akan bertemu langsung dengan keluarga pewaris tahta kesultanan yang terakhir. Warna kuning yang mendominasi istana bukanlah tanpa sebab. Kuning adalah merupakan lambang dari Kasultanan Sumbawa. Saat bertemu dengan sang empunya rumah, Anda bisa bertanya seputar sejarah dan benda-benda peninggalan yang hingga kini masih bisa kita temui.

Jika kita amati dengan seksama, Istana Bala Kuning ini memiliki kemiripan dengan Bala Lompoa yang ada di Makassar. Jika Bala Kuning merepresentasikan kehidupan Kasultanan Sumbawa maka Bala Lompoa adalah saksi sejarah Kerajaan Gowa.

Untuk mencapai lokasi Istana Bala Kuning tidaklah sulit karena letaknya yang berada di pusat kota yakni sebelah timur taman kota dan wisma kota Sumbawa Besar. Berada di jalan Dr. Wahidin, Anda bisa mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota, ojek maupun becak.  

Selain objek wisata sejarah, Sumbawa juga kaya akan wisata alam seperti Pantai Maluk dan Sekongkang yang ada di Sumbawa Barat serta Pantai Labu Pade yang terletak di Sumbawa Besar.

Hotel yang tersedia di kawasan Sumbawa adalah Samawa Seaside Cottagedan Samawa Transit Hotel.

Peta lokasi

View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • bala kuning
  • istana bala kuning
  • sejarah bala kuning
  • benda pusaka kerajaan sumbawa
  • peninggalan-peninggalan kerajaan sumbawa
  • bala kuning sumbawa
  • istana bala kuning sumbawa
  • bala kuning sumbawa besar
  • letak bala kuning
  • pusaka kerajaan sumbawa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,